Back to top
Selamat datang di Media Online Aceh News
||==> MARI KITA DOAKAN SAUDARA KITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2004 >==||

Sekolah Harus Miliki Ciri Khas dalam Pengembangan Secara Menyeluruh

Tuesday 15 November 2016 0 Komentar

Kadisdik Pidie Jaya saat pembukaan kegiatan yang dampingi KTU Kemenag dan USAID PRIORITAS


PIDIE JAYA | Sebanyak 40 orang kepala sekolah/madrasah dan Pengawas serta Pembina Sekolah mengikuti Pelatihan Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh atau Whole School Development yang mencakupi aspek pembelajaran, budaya baca, dan manajemen sekolah secara umum, termasuk kontribusi kepala sekolah dalam meningkatkan pengembangan sekolah yang dilakukan bersama dengan pengawas, guru, komite sekolah dan masyarakat serta siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Saiful, MPd yang didampingi Kepala Tata Usaha Kemenag Pidie Jaya, Ilyas mengharapkan, kepada semua peserta dapat mengikuti pelatihan dengan disiplin dan aktif sehingga dapat menerapkannya di sekolah dengan memanfaatkan potensi yang ada sehingga terciptanya ciri khas sekolah dalam mengembangkan sekolah secara menyeluruh. “Sekolah harus mempunya ciri khas dalam perkembangannya,” kata Saiful saat membuka kegiatan, Jum’at (11/11/2016) yang berlangsung di Aula Kana Wisma, Meureudu, Pidie Jaya. 

Sementara itu, Kepala Tata Usaha Kemenag Pidie Jaya, Ilyas mengingatkan, bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat dalam menunjang peningkatan menajemen sekolah secara transparansi dan akuntabilitas. “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menciptakan manajemen sekolah yang lebih baik, apalagi ini adalah akhir dari kegiatan yang dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS, manfaatkanlah ini”, pintanya.

Dalam kegiatan tersebut, Mukhlis Hamid selaku Pelatih Teknis Whole School Development USAID PRIORITAS menjelaskan, kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut diisi dengan pembekalan kepada para kepala sekolah dan pengawas untuk mendukung kerja utama mereka sebagai pembina guru di sekolah. “oleh Karena itu, materi pelatihan ini berfokus pada indikator pembelajaran aktif, program budaya baca, serta manajemen berbasis sekolah”, jelas Mukhlis. 

Pada hari kedua, peserta diajak untuk memahami bagaimana caranya melakukan monitoring implementasi pembelajaran aktif, budaya baca, dan manajemen sekolah melalui pengamatan langsung ke  beberapa sekolah mitra USAID PRIORITAS di Pidie Jaya, setelah melakukan pengamatan di sekolah, peserta menyusun program peningkatan mutu sekolah berdasarkan hasil pengamatan di lapangan serta rencana tindak lanjut mereka di sekolah masing-masing. “Rencana tindak lanjut ini hendaknya spesifik untuk tiap sekolah sehingga tampak khas dan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing saat ini”, tutup Mashadi Koordinator USAID PRIORITAS di Pidie Jaya  



Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2017. Aceh News - All Rights Reserved

Distributed By Aceh News | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile JOIN AS WWW.ACEH NEWS.COM PLEASE CONTACT : 08126943363

Proudly powered by Aceh News